|
Silahkan Baca
Artikel, English Corner, Teknik Pembelajaran

Peranan Quiz Terhadap Kemampuan Speaking Inggris Siswa

Oleh: Suryani*

          Pembelajaran Bahasa Inggris bertujuan agar siswa memahami dan dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada akhir pedidikan Sekolah Menengah Pertama siswa diharapkan mampu mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan social, budaya, dan alam sekitar, serta dapat mengembangkan kemampuan lebih lanjut dalam dunia kerja atau melanjutkan ke Pendidikan Tinggi. Sehubungan dengan hal tersebut, guru diharapkan mampu memilih tehnik-tehnik pengajaran atau metode yang tepat. Guru Bahasa Inggris harus tahu jenis-jenis metode pembelajaran bahasa, apa keuntungan dari belajar bahasa itu, dan bagaimana menyajikan bahasa itu kepada siswa.

          Proses pembelajaran bahasa Inggris harus mampu mempersiapkan siswa (pembelajar) untuk melakukan interaksi yang bermakna, dengan cara membuat siswa mampu menggunakan dan memahami bentuk-bentuk ujaran nyata seperti dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, tujuan umum yang ada adalah bahwa kelas-kelas bahasa harus mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dan berlatih, selain diskusi dan aktifitas interaktif.

Sekalipun demikian guru tidak boleh membatasi diri pada buku-buku teks. Siswa harus dapat mengatasi ujaran-ujaran yang mengandung bentuk bahasa yang belum pernah dijumpai sebelumnya. Lebih luas, tempat kerja misalnya, dunia pendidikan tinggi dan sebagainya.

Dalam kenyataannya hasil pembelajaran belum sesuai dengan harapan. Begitu banyak kendala yang harus dicari penyelesaiannya agar tujuan pengajaran bahasa Inggris memenuhi harapan masyarakat.  Dalam hal ini siswa sering mengalami kesulitan dalam mengungkapkan kata-kata atau kalimat bahasa Inggris, karena kurangnya aktifitas latihan. Oleh karena itu seorang guru Bahasa Inggris harus mampu memberi motivasi tentang pentingnya bahasa Inggris di dunia nyata (real world) terutama setelah lulus dan mencari atau melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi.

Sehingga kemampuan speaking siswa dapat ditingkatkan melalui suatu bentuk pembelajaran dengan variasi materi agar tertarik belajar bahasa Inggris. Pemberian Quiz merupakan salah satu cara membangkitkan gairah belajar sebab isi materi menarik untuk disimak dan diungkapkan kembali dalam bentuk speaking English baik secara individu maupun berpasangan.

Bermain adalah merupakan aktifitas yang dilakukan secara sadar dan ditujukan untuk kesenangan, dengan meyertakan fungsi-fungsi tubuh secara menyeluruh dengan reflek normal tanpa gangguan psikis. Berolah raga berarti melukan kegitan untuk menunjang kesehatan.

Jadi bermain dan berolah raga sama-sama aktifitas untuk memperoleh yang sekaligus menunjang kesehatan. Quiz juga merupakan suatu permaianan yang menyenangkan. “Permainan adalah suatu aktifitas spontan yang timbul apabila fungsi-fungsi badan semuanya normal dan bilamana tidak terdapat gangguan psikis” (Whiterington alih bahasa M. Bukhori,1995 : 128)

Kegiatan permainan ini dipandu oleh guru dengan cara memberikan banyak faktor kognitif dan kesempatan siswa bermain yang kreatif untuk memperoleh pemasukan kosa kata dan kaidah bahasa Inggris sederhana. “Banyak permainan diperolah anak, bukan asal mainan melainkan yang ada nilai edukatif. Dengan adanya mainan semacam itu tersalurkan untuk mengetahui dan mengadakan eksplorasi. Kegiatan-kegiatan itu sangatlah merangsang jiwa dan akal anak ” (Prof. Dr. Soepartinah P.1981:18)

Dari penjelasan Prof. Pakasi dapat dijabarkan bahwa permainan dalam bahasa Inggris haruslah bentuk permainan yang dapat mengacu pencapaian tujuan instruksional pembelajaran dan menumbuhkan minat, semangat untuk memacu prestasi dalam belajar bahasa Inggris khususnya speaking English. Quiz dalam bahasa Inggris ada beberapa macam. Tiap permainan quiz mempunyai tujuan tertentu berkaitan dengan bentuk permainannya. Semuanya dilakukan untuk menciptakan suasana riang gembira, tidak bosan dan terpenting mengandung unsur pendidikan untuk mengacu pencapaian pendidikan bahasa Inggris.

Dalam melaksanakan quiz harus bervariasi, beraneka ragam dan menekankan pada maksud serta tujuan komunikatif, sehingga dengan spontan memperoleh kemampuan speaking English secara menyenangkan. A.S. Hornby menyatakan dalam “Oxford Advanced Learners Dictionary of Current English bahwa arti “quiz is ask questions of, as a test of knowledge. (n) game in which member a panel undergo such a test” (1974 : 688). Menurut pendapat diatas bentuk quiz ada bermacam-macam, bisa untuk ulangan atau tes dan juga untuk permainan dalam rangka pengajaran speaking siswa agar lebih menarik.

Macam-macam quiz antara lain: Tebak kata adalah merupakan bentuk permainan yang menggunakan beberapa ketrampilan berbahasa. Permainan ini dapat dilakukan dua anak (group) atau lebih dengan saling menebak pertanyaan masing-masing. Mencari Kata yaitu siswa diminta untuk mencari kata dalam susunan huruf-huruf yang belum teratur secara horizontal maupun vertikal atau diagonal. Teka-teki Silang yaitu merupakan bentuk permainan yang memadukan beberapa ketrampilan berbahasa. Untuk permainan ini bisa dilakukan di dalam kelas dibimbing guru atau di luar kelas dengan mengisikan jawaban atas pertanyaan di dalam teka-teki silang tersebut.

Pendapat-pendapat di atas dapat dirangkum bahwa setiap konsep dari kaidah bahasa Inggris pada pembelajaran pemula ditekankan pada anak-anak akan dapat difahami secara sempurna, jika disajikan dalam bentuk kongkrit, yaitu berupa pemberian materi sejenis quiz yang akan menimbulkan rasa mudah atau senang sebagai motivasi belajar dengan prestasi baik dan akhirnya mendapatkan kepuasan serta rasa percaya diri yang tinggi.

Dengan demikian disimpulkan bahwa  Ada pengaruh pemberian quiz terhadap kemampuan speaking English siswa, karena Quiz merupakan salah satu bentuk penyajian materi pelajaran bahasa Inggris yang bertujuan untuk membuat siswa lebih senang, tertarik dan aktif menggunakan bahasa Inggris dalam speaking. Pemberian quiz sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan speaking siswa dalam bahasa Inggris. Pemberian quiz dalam pengajaran bahasa Inggris dapat menghilangkan rasa bosan dan tidak senang siswa dalam belajar bahasa Inggris. Quiz dapat digunakan untuk membantu mengajar bahasa Inggris, karena dengan quiz siswa lebih banyak mendapat kesempatan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Penulis adalah guru SMPN 1 KEC. PULUNG

About Majalah DINAMIKA GURU

Majalah PGRI Kabupaten Ponorogo

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SOFTWARE SEKOLAH

TERBIT BULAN/EDISI

KATEGORI/TEMA TULISAN

Yang lagi belajar NgeBlog

Nama : Sujarmo
Alamat : Jl. Juanda 15-A Ponorogo
Office : SMP 1 Nawangan, Pacitan
email : pakjeponorogo@gmail.com

%d blogger menyukai ini: