|
Silahkan Baca
Artikel, Kreatifitas Guru

Mengenal Potensi Kecerdasan Anak

Drs. Rudi Suwandaru

Kecerdasan-AnakSering kita mendengar perbincangan disekitar kita”Anakku nilainya jelek, dia tidak pinter, kalah pinter dengan si A, si B pinter, nilai matematikanya 9. Si C pinter bernyanyi dan menari tetapi nilai bahasa Inggrisnya 5 dan seterusnya”. Dari perbincangan di atas bisa disimpulkan bahwa pintar atau kecerdasan hanya dilihat dari satu sisi yaitu apabila anak mendapatkan nilai atau angka yang baik pada bidang studi tertentu. Nilai atau angka-angka disini tentunya diperoleh dari hasil kemampuan sendiri, walaupun tidak sedikit kita jumpai di sekolah nilai dengan angka 8, 9 bahkan 10 yang tidak mencerminkan kemampuan sebenarnya alias hasil nyontek atau upaya curang lainnya.Disini penulis tidak akan membahas tentang proses bagaimana nilai atau angka tersebut diperoleh, tetapi akan membahas potensi atau kecerdasan apa saja yang ada pada diri anak.

Menurut Zainal Aqib dalam Sekolah Ramah anak mencegah kekerasan dalam sekolah (2008) Rumah merupakan awal dalam pendidikan. Dari rumah dibangun pendidikan yang kondusif. Motivasi belajar senantiasa dipupuk terutama dalam membentuk sikap dan perilaku anak. Orang tua sebagai figur panutan akan sangat menentukan dalam membangun budaya pendidikan di rumah. Apa yang disampaikan Zainal Aqib sesuai dengan fakta yang ada di masyarakat.Keluarga merupakan sebuah bangunan pendidikan yang tidak dibatasi oleh sekat waktu dan ruang. Interaksi dibangun secara alamiah, iklas, jujur dengan ketulusan hati guru (orangtua) tau potensi dan kebutuhan anak.Dari sinilah semestinya bangunan pendidikan formal mendapatkan informasi yang sangat berharga untuk mengetahui potensi dan kebutuhan anak.

Masih menurut Zainal Aqib, kecerdasan dapat dikelompokkan menjadi : a. Kecerdasan intelektual atau intelektual Quotient (IQ) b. Kecerdasan emosional atau Emosional Quotient(EQ) dan c. Kecerdasan spiritual atau Spiritual Quotient(SQ). Kecerdasan emosional dan spiritual bukan pembawaan, melainkan perlu diasah dari kecil. Menurut Daniel Goleman dalam bukunya Emotional Intelligence (EQ). Buku ini ditulis dari hasil penelitian selama lebih dari 10 tahun. Menurut Daniel Goelman IQ atau kecerdeasan Intelektual menentukan sukses seseorang sebesar 20 %, sedangkan kecerdasan emosi (EQ) memberikan kontribusi 80 %. Yang lebih menyenangkan lagi bahwa kecerdasan emosional seseorang bisa dikembangkan lebih baik dan prospektif dibandingkan dengan kecerdasan intelektual.

Dalam pendidikan saat ini, sekolah tidak hanya mengembangkan kecerdasan intelektual, tetapi kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang dituangkan dalam pendidikan karakter. Kurikulum telah menyisipkan pendidikan karakter dalam setiap KD. Walaupun karakter tidak cukup hanya tersirat dalam kurikulum tetapi hal ini merupakan angin segar bagi pembentukan karakter anak bangsa ditengah-tengah merosotnya moral dan martabat bangsa yang ditandai dengan banyaknya penyimpangan baik oleh masyarakat maupun pelaksana pemerintahan.

Pakar pendidikan, Profesor Howard Gardner, melakukan penelitian selama lebih dari 15 tahun. Dalam penelitiannya dia merumuskan hasil penelitiannya yang dikenal dengan Multiple Intelligences atau teori kecerdasan majemuk yang terbagi menjadi delapan kecerdasan sebagai berikut;

a. Kecerdasan linguistik, adalah kemampuan berbicara atau menulis dengan baik. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik mempunyai kemampuan menggunakan kata secara efektif baik secara lesan maupun tulisan. Contoh orator, sastrawan, editor, wartawan. b. Kecerdasan logis–matematis,  adalah kemampuan untuk menalar, menghitung dan menangani pemikiran yang logis. Contoh : ahli matematika, akuntan, ahli statistik. c. Kecerdasan Visual-special, adalah kemampuan untuk melukis atau mematung. Contoh : dekorator, interior arsitek, seniman. d. Kecerdasan Kinetis–jasmani, adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan anggota tubuh. Contoh : Penari, Atlet, pantomin. e. Kecerdasan musikal, adalah kemampuan seseorang dalam mengubah lagu, bernyanyi dan memainkan alat musik.

f. Kecerdasan interpersonal (kecerdasan sosial), yaitu kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain. Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu mempersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi serta perasaan orang lain. g. Kecerdasan Intrapersonal, adalah kemampuan untuk mengolah perasaan dan kesadaran sendiri. Orang yang memiliki kecerdasan ini mudah untuk mengenali dirinya seendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. h. Kecerdasan naturalis, adalah kemampuan dan keahlian untuk mengenali dan mengategorikan spesies, flora dan fauna disekitar.

Apa manfaat atau keuntungan kita mengetahui berbagai macam kecerdasan seperti yang dituliskan di atas? Dengan mengetahui bermacam-macam kecerdasan yang dimiliki anak, kita lebih memahami bagaimana memperlakukan anak dengan sebenarnya. Anak dengan berbagai potensi yang dimilikinya harus mampu untuk dikembangkan. Apalagi kita sebagai orang tua yang juga berprofesi sebagai guru hendaknya senantiasa untuk mengetahui berbagai kelebihan dan keterbatasan anak, kebutuhan anak, karakter anak yang dituangkan dalam bentuk model dan metode pembelajara. Dengan memahami berbagai karakter peserta didik tentunya model pembelajaran yang kita buat sesuai dengan keragaman pesewrta didik yang akan kita ajar. Bagaimana caranya, selamat mencoba!

DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zaenal. 2008. Sekolah RamahAnak Mencegah kekerasan Dalam Sekolah.Bandung: Yrama Widya.

Penulis adalah Guru IPS SMPN 1 Balong

About Majalah DINAMIKA GURU

Majalah PGRI Kabupaten Ponorogo

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SOFTWARE SEKOLAH

TERBIT BULAN/EDISI

KATEGORI/TEMA TULISAN

Yang lagi belajar NgeBlog

Nama : Sujarmo
Alamat : Jl. Juanda 15-A Ponorogo
Office : SMP 1 Nawangan, Pacitan
email : pakjeponorogo@gmail.com

%d blogger menyukai ini: