|
Silahkan Baca
Artikel, Managemen Sekolah

Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Sosok Inovatif

Oleh : Saimun, M.Pd

sekolah inovatifPemimpin berupaya menumbuhkan ide merenungkan masa depan yang inovatif dengan jalan membangun visi,serta membangun konsep menajemen seluruh personil.Kepala sekolah yang inovatif tidak sekedar meminta guru untuk melakukan inovasi kelas,kepala sekolah juga bertindak inovatif kemudian mempraktikannya dalam pengelolaan kelas dan sekolah secara umum.Mengapa perlu adanya inovatif? Sering terjadi diri kepala sekolah sendiri tidak membenahi diri tetapi dia hanya menuntut kepada para gurunya untuk berbuat sesuai ketentuan masa kini.Suatu lembaga merlukan lider yang penuh kreatifitas,ide,dan inovatif demi lembaga yang dipimpinnya.Seorang menejer juga harus membangun interaksi dengan lingkungan sekolah.Oleh karena itu perlunya sosok kepala sekolah yang inovatif.

Apa inovatif itu? Inovatif adalah cara baru,pratik baru,dan ide baru untuk mengembangkan dan mengorganisir suatu lembaga yang dipimpin untuk mengarah pada perubahan.Arah perubahan yang menuju kemajuan pada bidang akademik dan non akademik. Kepala sekolah yang inovatif memiliki ciri sebagai berikut.(1) Menyusun program baru melaksanakan dan mengevaluasi. (2) Melaksanakan menejemen berbasis sekolah. (3) Mengembangkan inovasi pembelajaran. (4) Mengembangkan lingkungan sekolah yang kondusif. (5) Mengembangkan profesional guru dan tenaga kependidikan. (6) Menggalang parsipasi masyarakat.

Maya H (2012: 89) menyatakan menejemen berbasis sekolah adalah pengelolaan sekolah yang didasarkan pada kondisi objektif sekolahsecara transparasi, kerjasama, kemandirian, akuntabilitas, dan Partisipasi. Menejemen berbasis sekolah adalah langkah awal dari perjuangan meniti keberhasilan.Penerapan manejemen berbasis sekolah mensyaratkan perubahan pola pikir, budaya kerja, dan kultur sekolah. Iklim kerja yang baik, kaya akan kreativitas, dan mampu menjalin kerjasama sinergis antara semua warga sekolah.

Mengembangkan inovasi pembelajaran. Mengembangkan inovasi pembelajaran dilakukan pada tataran menumbuhkan efektivatas hassil,bukan penambahan jam pelajaran.Inovasi pembelajaran bisa dilakukan misalnya,terhadap metode atau strategi pembelajaran yang digunakan. Mengembangkan lingkungan sekolah yang kondusif. Penataan lingkungan sekolah, kebersihan kesantunan warga sekolah, keakraban, kekeluargaan akan menciptakan kondisi yang kondusif dan harmonis. Kondisi kondusif dapat diciptakan melalui mengembangkan kegiatan-kegiatan belajar yang menantang,edukatif, kreatif dan menyenangkan.

Mengembangkan propfesionalisme guru dan tenaga kependidikan. Seorang guru yang memiliki kompetensi profesional adalah guru menguasai meteri keilmuan secara mendalam sekaligus menguasai kurikuklum serta perangkatnya, hingga pada kesiapan pembelajaran. Kepala sekolah memberi kesempatan kepada gurunya untuk mengikuti pendidikan atau pelalatihan. Menggalang partisipasi masyarakat. Masyarakat yang bijak menyadari bahwa masyarakat tidak akan pernah maju tanpa keberadaa sekolah. Kepala sekolah yang inovatif akan selalu berupaya menggalang partisipasi masyarakat.  Inovasi yang dimunculkan terkait dengan kehadiran sekolah dan masyarakat di sekitarnya. Partisipasi masyarakat diharapkan memberikan kontribusi pemikiran, tenaga, waktu, dan dana.

Langkah –langkahkepala sekokah sebagai  inovatif. Langkah-langkah kepala sekolah sebagai inovatif sebagai berikut. (1) Memiliki visi untuk berubah. (2)Tidak merasa takut adanya perubahan. (3) Berpikir seperti investor yang berani mengambil resiku. (4) Memiliki usulan yang dinamis. (5) Kolaborasi. (6) Siap menerima kegagalan.

Memiliki visi untuk berubah. Kepala sekolah harus memiliki visi untuk disebarluaskan dan meyakinkan orang lain menjadi sosok yang bisa menemukan cara yang inovatif untuk memperoleh kesuksesan. Tidak merasa takut adanya perubahan. Kepala sekolah berani menghadapi perubahan yang signifikan tentang dunia pendidikan masa kini. Berpikir seperti investor yang berani mengambil resiko. Kepala sekolah harus berani mencari keseimbangan kegagalan dan kesuksesan.Senang mempertimbangkan berbagai usulan gagasan, tetapi tetap nyaman dengan berbagai pemikiran yang menggambarkan kemungkinan kegagalan-kegagalan yang mungkin terjadi.

Memiliki rencana usulan yang dinamis. Kepala sekolah memiliki usulan yang mudah dilakukan sumbernya tersedia dan rencana itu responsif, terbuka semua kalangan. Kepala sekolah harus brinteraksi dan kolaborasi dengan pihak lain, organisasi masyarakat sebagai mitra. Sehingga bisa bertukar pengalaman dan keterampilan. Kepala sekolah harus siap menerima kegagalan untuk mendorong inovatif. Kegagalan merupakan langkah awal dari perjalanan menuju kesuksesan.

Kiat- kiat kepala sekolah yang inovatif dalam memotivasi guru. Kepala sekolah berperan aktif dalam inovatif memotivasi guru yaitu: (1) Turut serta dalam menyusun silabus, RPP, dan perangkat pembelajaran. (2) Memberikan penghargaan kepada guru yang bersusah payah menyusun materi pembelajaran. (3) Menghargaim guru yang berprestasi dengan meberikan reward. (4) Memberikan petunjuk bagaimana menggunakan metode yang relevan. (5) Menunjukan kesalahan dengan bahasa yang santun, tidak menyinggung perasaan. (6) Memberi kesempatan guru untuk menyampaikan permasalahannya untuk dipecahkan secara individu atuau kolektif. (7) Menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan guru.

Penulis adala Kepala SDN 5 Baosan Kidul

 DAFTAR RUJUKAN

H, Maya. 2012 Kesalahan-Kesalahan  Umum Kepala Sekolah dalam Mengelola Pendidikan Jogjakarta: Buku Biru

About Majalah DINAMIKA GURU

Majalah PGRI Kabupaten Ponorogo

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SOFTWARE SEKOLAH

TERBIT BULAN/EDISI

KATEGORI/TEMA TULISAN

Yang lagi belajar NgeBlog

Nama : Sujarmo
Alamat : Jl. Juanda 15-A Ponorogo
Office : SMP 1 Nawangan, Pacitan
email : pakjeponorogo@gmail.com

%d blogger menyukai ini: