|
Silahkan Baca
Info PGRI/Dinamika, Laporan Utama

Kota Garam Menjadi Lautan Guru

(Dari HUT PGRI Provinsi di Pamekasan)

 Oleh: Agus Prasmono

hut pgriBersamaan dengan Kirab Budaya Grebeg Suro tanggal 26 Nopember 2011 di Ponorogo, di Pamekasan berlangsung perhelatan akbar PGRI Se-Jawa Timur. Hari itu ulang tahun PGRI untuk Jawa Timur dipusatkan di Pamekasan Madura. Tidak kurang dari 15.000 guru “tumplek bleg” tumpah ruah memadati Alun-alun Pamekasan. Beberapa kabupaten bahkan mengirim lebih dari seribu guru untuk acara tersebut. Ada kabupaten Trenggalek, Tulungagung, Pacitan dan kab. Malang masing-masing mengirim lebih dari 25 bus. Ponorogo sendiri mengirim kekuatan seluruh pengurus PGRI Kabupaten plus pengurus kecamatan masing-masing cabang dua orang. Tak lupa unsur Majalah Dinamika Guru juga mengirim kekuatannya beberapa redaktur turut serta memeriahkan acara tersebut. Sehingga sekitar seratus guru ikut serta dalam acara itu dengan komandan wakil Ketua PGRI kabupaten Ponorogo Prayitno, M.Pd. yang mewakili ketua karena sang ketua H. Sumani, M.Pd. ada kunjungan dinas ke Cina.

Kepadatan tanah madura nampak mulai subuh ketika satu-persatu kontingen mulai memasuki kabupaten yang baru saja diresmikan sebagai Kabupaten Batik oleh Gubernur Jawa Timur tersebut. Semua bus yang masuk kota dipandu para guru yang sudah disiapkan oleh panitia di pintu gerbang Kota Pamekasan. Parkir dari lokasi tidak kurang sejauh radius satu kilometer dari alun-alun untuk semua sisi sehingga para peserta harus jalan kaki sejauh satu kilometer pula. Bahkan, tidak jarang para peserta kesulitan mencari lokasi parkir bus-nya, termasuk Redaktur Pelaksana Dinamika yang waktu itu hampir kehabisan energi saat mencari bus karena jauhnya parker, serta perut yang kosong karena tidak kebagian snack ditambah panasnya tanah Garam yang memang menyengat. Dipilihnya Pamekasan sebagai lokasi apel akbar Guru se-Jawa Timur ini tidak lepas dari berbagai prestasi di bidang pendidikan yang diraih oleh putra-putri Kabupaten Pamekasan. Beberapa Olimpiade sains tahun ini diraihnya mulai tingkat Propinsi, Nasional sampai Internasional.

Pada acara itu juga ditampilkan semua kreasi seni dari seluruh siswa dan guru yang ada di Pamekasan, mulai dari  kerawitan (ternayata di tanah Madura ada juga kerawitan) yang dilakukan oleh para guru-guru SMA, senam sehat dan paduan suara oleh para guru TK serta beberapa tari tradisional seperti tari dual-daul, tari topeng Madura. Semua kreasi tadi sudah digelar semenjak undangan belum datang hingga acara berakhir. Juga digelar beberapa pameran di bidang seni dan kerajinan daerah Madura termasuk beberapa sekolah ikut serta memeriahkan acara itu. Tentunya Batik mendominasi pemeran tersebut.

Pada apel siang itu ternyata selain peringatan hari Guru ke 66 juga bersamaan dengan peringatan Hari Aksara Internasional yang dipusatkan bersamaan dengan acara tersebut. H. Komar anggota Komisi X DPR RI yang juga mantan pelawak selaku Duta Aksara Indonesia berpesan kepada para guru untuk terus mengabdi dengan karya yang terbaik, jangan setengah setengah seperti tubuhnya yang ukurannya setengah tiang (pendek). Para guru harus terus menjalin solidaritas demi kokohnya perjuangan mereka, terlebih di era demokrasi yang penuh dengan muatan politis ini sehingga guru punya daya tawar yang tinggi. Dengan humornya yang mengocok perut semua hadirin yang hadir, Qomar yakin Jawa Timur akan terus menjadi pelopor Pendidikan senyampang para guru terus punya dan mau meningkatkan komitmen yang tinggi terhadap perkembangan Pendidikan ini.

Pada kesempatan berikutnya Gubernur Jawa Timur Pakde Karwo juga memacu semangat para guru untuk terus memberikan pengabdian terbaiknya untuk negeri. Karwo sendiri mengaku dia juga sebagai guru (Dosen) juga bangga dengan semangat dan prestasi insan Pendidikan di Jawa Timur. Menurutnya guru bukan sekedar prosfesi namun lebih dari itu guru adalah profesi yang merupakan panggilan jiwa, panggilan hati, sehingga guru yang baik memang guru yang merasa hati nuraninya terpanggil untuk membina kader bangsa negeri ini. Menurutnya peran guru tidak boleh dan tidak bisa digantikan dengan teknologi, sebaik dan seprofesional apapan guru tidak bisa diganti dengan teknologi. Interaksi yang baik dengan pendekatan dari hati ke hati adalah kunci keberhasilan pembelajaran kita. Labih lanjut menurut Pakde Karwo, Pendidikan karakter harus terus digalakkan dengan memberi contoh yang baik pada anak didik. Contoh pendidikan karakter yang baik adalah Pendidikan karakter yang ada di pesantren karena disana ada ketertautan hati antara kyai/ustadz dengan santrinya. Hubungan itulah yang perlu kita jaga keberadaanya di dunia pendidikan kita. Pendidikan karakter dan budaya menurutnya merupakan upaya untuk membersihkan jiwa bangsa Indonesia dari kacaunya dunia politik. Lebih lanjut menurut Karwo, politik bisa kotor namun seni dan budayalah yang mampu membersihkannya.

Tentang prestasi Pendidikan di Jatim menurut Pakde Karwo, sudah selayaknya berprestsi mengingat unsur pembentuk prestasi itu ada tiga yaitu profesionalisme guru, kurikulum yang baik dan sarana-prasarana yang mendukung. Untuk ketiga unsur itu, Jawa Timur sudah memenuhinya.  Berdasarkan kondisi tersebut maka dia berharap tahun 2014 Jawa Timur tidak lagi provinsi pengekspor TKI terbesar di Indonesia, namun harapannya menjadi provinsi mengekspor tenaga terampil laki-laki terbanyak, sehingga kasus-kasus pelecehan di luar negeri yang sering menimpa TKI Indonesia diharapkan tidak ada lagi.

Di akhir acara yang ditutup jam sebelas siang itu Pakde Karwo kembali berharap, pembangunan karakter ini betul-betul menjadi prioritas pendidikan kita di tengah kemerosotan komponen bangsa yang semakin tidak karuan ini. Dia yakin semua itu akan terlaksana dengan baik senyampang para guru terus memberikan pengabdiannya yang terbaik serta menjadi tauladan yang baik pula,.Semoga (Agus Prasmono)

About Majalah DINAMIKA GURU

Majalah PGRI Kabupaten Ponorogo

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SOFTWARE SEKOLAH

TERBIT BULAN/EDISI

KATEGORI/TEMA TULISAN

Yang lagi belajar NgeBlog

Nama : Sujarmo
Alamat : Jl. Juanda 15-A Ponorogo
Office : SMP 1 Nawangan, Pacitan
email : pakjeponorogo@gmail.com

%d blogger menyukai ini: